03. PESONA DUNIA MEMPERDAYADunia yang kita tinggali ini dengan segala dinamikanya seringkali memukau kita dan berkali-kali kita terpesona. Dalam keterpanaan kita itu janganlah kita lalai dari tujuan semula kita dihadirkan di kehidupan dunia ini.

Jauh-jauh hari berabad-abad yang lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan kita akan hal ini dalam sabda beliau:

(( إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ، وَإِنَّ اللهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا، فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ، فَاتَّقُوا الدُّنْيَا وَاتَّقُوا النِّسَاءَ، فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِي إِسْرَائِيلَ كَانَتْ فِي النِّسَاءِ ))

Sesungguhnya dunia itu manis dan hijau dan sesungguhnya Allah menempatkan kalian di sana untuk melihat bagaimana kalian beramal. Maka berhati-hatilah terhadap dunia dan berhati-hatilah terhadap wanita, sebab awal fitnah (cobaan) Bani Israil terjadi pada wanita. (H.R Muslim no. 2742; At-Tirmidzi no. 2191)

Kehidupan dunia memang hijau mempesona tetapi sejatinya ia sangat memperdaya. Seberapa pun indah dan pesonanya dunia, ia hanya sebentar saja dan bukan di sini tempat tinggal kita.

✏ Ust. Fahrudin Majid, Lc